Jam Smartwatch Cikal Bakal Temuan Spektakuler Industri 4.0

jam smartwatch

Jam smartwatch, perangkat kecil seperti smartphone yang dikenakan di pergelangan tangan. Banyak jam smartwatch terhubung ke ponsel cerdas, yang memberi tahu pengguna tentang panggilan, email, dan pemberitahuan aplikasi yang akan datang. Beberapa jam smartwatch bahkan dapat membuat ponsel. Banyak jam tangan pintar memiliki layar berwarna, tetapi beberapa model berbiaya rendah menggunakan layar “e-paper” hitam-putih. Pengguna akan dapat mengontrol jam tangan pintar melalui layar sentuh, tombol fisik, atau kombinasi keduanya. Beberapa jam tangan pintar memiliki pedometer dan monitor detak jantung yang membantu pengguna memantau kesehatan mereka.

Ketika komputer menjadi lebih kecil ukurannya di abad ke-20, perangkat elektronik menjadi cukup kecil untuk memuat jam tangan. Salah satu kalkulator pertama adalah Calcron (1975), yang memiliki tampilan sembilan digit. Pada awal 1980-an, Seiko memperkenalkan beberapa jam tangan dengan keterampilan komputer. Data-2000 (1983), dinamakan demikian karena dapat menyimpan dua catatan, masing-masing hingga 1000 karakter, memasuki keyboard tempat pengguna memasukkan informasi. RC-1000 (1984) terhubung ke komputer pribadi. MessageWatch (1990) reseptor menerima pesan pager melalui sinyal radio FM.

Tahun 1990-an melihat peningkatan campuran jam tangan dan komputer. Pengguna Datalink (1994), kemitraan antara Timex dan Microsoft, memasukkan informasi di komputer pribadi mereka, seperti nomor telepon, yang kemudian dikirim secara nirkabel ke arloji menggunakan pulsa cahaya.

Seiko Ruputer (1998) adalah komputer pribadi yang dapat dimasukkan ke dalam jam tangan. Data dimasukkan menggunakan tombol atau joystick dan pengguna dapat menulis perangkat lunak mereka sendiri. Samsung SPH-WP10 (1999) adalah ponsel jam tangan pertama; baterai bertahan 90 menit selama panggilan. Salah satu jam smartwatch pertama adalah Microsoft SPOT (Smart Personal Object Technology), diperkenalkan pada tahun 2004. SPOT menerima informasi seperti cuaca, berita, dan informasi terkini tentang peristiwa melalui radio FM.

Jam Smartwatch Asal Muasal Revolusi Teknologi Abad 21

Itu juga menerima email dan pesan instan, tetapi pengguna tidak dapat merespons. Dengan munculnya smartphone, jam tangan pintar seperti Sony Ericsson LiveView (2010), Pebble (2013) dan Apple Watch (2015) tampaknya menerima data dari telepon. Pada tahun 2014, Google menciptakan Android Wear – versi sistem operasi seluler Android – khusus untuk perangkat yang dapat dikenakan seperti jam smartwatch.

Jam tangan pintar adalah perangkat komputer yang dapat dipakai yang sangat mirip dengan jam tangan atau perangkat pengatur waktu lainnya. Selain pengaturan waktu, banyak jam smartwatch yang dilengkapi dengan teknologi Bluetooth. Jam tangan telah menjadi adaptor nirkabel Bluetooth yang dapat memperluas kemampuan smartphone kepada pemakainya. Pemakainya dapat menggunakan antarmuka arloji untuk membuat dan menerima panggilan dari ponselnya, membaca email dan pesan teks, menerima laporan cuaca, mendengarkan musik, mendikte email dan pesan teks, dan menanyakan asisten digital.

Sempat Menjadi Alat Militer AS

Jam tangan pintar biasanya terintegrasi dengan smartphone pengguna. Banyak fitur dan aplikasi yang sama yang ada di ponsel Anda dan dapat disinkronkan dengannya. Apple Watch mengharuskan pengguna untuk memiliki Apple iPhone. Beberapa jam smartwatch memiliki fitur khusus perangkat. Misalnya, polisi dan petugas pemadam kebakaran dapat menggunakan aplikasi jam smartwatch untuk menerima peringatan pengiriman. Pilot Angkatan Udara AS memiliki jam tangan pintar dengan fitur khusus untuk navigasi satelit. Jenis jam smartwatch

Ada sejumlah jam smartwatch serbaguna di pasaran yang menawarkan koleksi fitur. Contohnya termasuk berikut ini:

  • Apple Watch adalah jam tangan pintar all-in-one Apple.
  • Jam tangan Wear OS tersedia dari banyak vendor yang mendesain dan menjual jam tangan dengan sistem operasi (OS) Google.
  • Puluhan jam tangan menggunakan sistem operasi jam smartwatch Samsung sendiri.
jam smartwatch
jam smartwatch

Ada juga beberapa opsi jam tangan pintar yang tersedia untuk penggunaan tertentu, seperti:

  • Bangkit dan bangkit. Jam tangan ini dirancang dengan mempertimbangkan daya tahan dan dibuat untuk tahan terhadap tetesan, debu, dan air. Mereka juga mengumpulkan fungsi kehidupan dasar dan dapat memprediksi cuaca.
  • Menyelam. Jam tangan tahan air ini memberi penyelam indikator penting seperti kedalaman, waktu yang tersisa, dan suhu. Terbang. Jam tangan ini, dioptimalkan untuk pilot, memiliki buku harian, peta bertenaga GPS, dan pelacakan waktu.
  • Alat peraga. Braille memungkinkan pengguna tunanetra mengetahui waktu dan menerima peringatan.
  • Produk jam tangan pintar terkemuka

Di bawah ini adalah beberapa contoh jam tangan pintar terkemuka:

  • Apple Watch SE adalah sebuah model Apple Watch yang bisa diperoleh dengan harga terjangkau. Apple Watch Series 7 adalah jam smartwatch serbaguna dengan keyboard QWERTY dan layar besar.
  • Fitbit Sense mencakup serangkaian fitur kebugaran dan kebugaran yang lengkap.
  • Fitbit Versa 3 memiliki program pelatihan khusus, analisis tidur, dan pelacak kebugaran.
  • Garmin D2 Delta PX adalah jam tangan all-in-one yang canggih dengan navigasi penerbangan GPS untuk pilot dan fitur pelacakan kesehatan.
  • Garmin Descent Mk2 Series adalah jam tangan menyelam Bluetooth khusus. Garmin Vivoactive 4 memiliki GPS, aplikasi olahraga bawaan, pelacakan kebugaran, dan fitur pembayaran nirsentuh.
  • Mobvoi TicWatch Pro 3 adalah jam smartwatch serbaguna dengan memori 1 gigabyte dengan akses acak dan pemantauan tidur, detak jantung, dan kebugaran.
  • Motorola Moto 360 merupakan jam tangan fitness tracking yang tidak tahan air hingga kedalaman 30 meter.
  • Samsung Galaxy Watch4 adalah jam tangan digital pintar serbaguna yang kompatibel dengan Android dengan tepi berputar.
  • Suunto 9 Baro adalah jam tangan untuk berjalan dan olahraga luar ruangan.

Jam smartwatch dapat ditelusuri kembali ke awal 1970-an. Hamilton Pulsar adalah salah satu jam tangan digital pertama yang diluncurkan pada tahun 1972. Ini menandai titik bersejarah di mana komputer menjadi cukup kecil untuk memuat jam tangan. Jam tangan digital awal lainnya adalah jam tangan Calcron dengan kalkulator, yang memiliki layar sembilan digit.

Sejarah Kemunculan Jam Smartwatch

Lain yang mengikuti jam tangan pintar adalah Seiko Data 2000, yang dirilis pada tahun 1983. Arloji ini dapat menyimpan dua nada masing-masing 1.000 karakter dan dapat dihubungkan ke keyboard yang terpasang pada arloji, yang digunakan untuk menulis catatan.

Seiko RC 1000 diluncurkan pada tahun 1984. Itu terhubung ke komputer pribadi. Pada tahun 1990, Seiko merilis MessageWatch Receptor, jam tangan yang menerima pesan pager. Selama tahun 1990-an, laptop memiliki penyimpanan data yang lebih kompleks dan pilihan masa pakai baterai. Beberapa jam smartwatch pertama didasarkan pada Microsoft Smart Personal Object Technology (SPOT). Fossil dan Suunto memperkenalkan jam tangan SPOT pertama pada tahun 2004. Jam tangan ini dapat menerima berita, cuaca, dan pembaruan stok, serta email dan pesan instan menggunakan pemancar termodulasi frekuensi.

Jam tangan pintar menjadi populer pada tahun 2010. Populer karena Apple Watches – dirilis pada tahun 2013 – mulai berperan di pasar komputasi seluler. Google meluncurkan sistem operasi seluler Android Wear pada tahun 2014.

Teknologi Masa Depan Yang Cerah

Banyak yang telah berubah dalam jam smartwatch selama 50 tahun terakhir. Mereka sekarang dapat memantau, menyimpan, dan mengirimkan data media yang kompleks. Salah satu area yang menjadi fokus banyak produsen jam tangan pintar adalah data biometrik. Jam smartwatch dapat memeriksa informasi kesehatan seperti langkah yang diambil per hari dan komposisi tubuh. Mereka juga dapat memeriksa dan mencari kondisi medis potensial. Produsen terus fokus pada cara untuk memasukkan lebih banyak teknologi terkait kesehatan ke dalam jam tangan pintar.

Fokus pelayanan kesehatan sebagian terkait dengan munculnya penyakit kronis yang memerlukan pemantauan terus menerus. Jam smartwatch sangat berguna di bidang ini. Selain itu, berkat kombinasi fitur GPS, kesehatan, dan kelincahan, jam tangan pintar ini berguna untuk deteksi paparan COVID-19 dan pelacakan kontak. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang data kesehatan pasien secara real time, dokter dapat memberikan perawatan yang lebih personal dan mengidentifikasi penyakit sebelum menjadi serius. Research and Markets memperkirakan bahwa pasar perangkat wearable global akan tumbuh sebesar 19,48% antara tahun 2021 dan 2026.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page